Jaringan Komputer
Jaringan komputer adalah kumpulan komputer, printer dan
peralatan lainnya yang terhubung dalam satu kesatuan. Setiap komputer printer
atau peripheral yang terhubung dengan jaringan disebut node.
Secara umum jaringan komputer dibagi atas lima jenis,
yaitu :
1. Local Area Network (LAN) , merupakan
jaringan milik pribadi di dalam sebuah gedung atau kampus yang berukuran sampai
beberapa kilometer.
2. Metropolitan Area Network (MAN) , pada
dasarnya merupakan versi LAN yang berukuran lebih besar dan biasanya
menggunakan teknologi yang sama dengan LAN. MAN dapat mencakup kantor-kantor
perusahaan yang letaknya berdekatan atau juga sebuah kota.
3. Wide Area Network (WAN) , jangkauannya mecakup
daerah geografis yang luas, seringkali mencakup sebuah negara bahkan
benua. WAN terdiri dari kumpulan mesin-mesin yang bertujuan untuk menjalankan
program-program (aplikasi) pemakai.
4. Internet , pada dasarnya internet merupakan
kumpulan jaringan yang terinterkoneksi. Hal ini terjadi karena orang
yang terhubung ke jaringan sering berharap untuk bisa berkomunikasi dengan
orang lain yang terhubung jaringan lainnya. Untuk melakukan hal ini diperlukan
sebuah mesin yang disebut gateway guna melakukan hubungan dan
melaksanakan terjemahan yang diperlukan, baik perangkat keras maupun perangkat
lunaknya.
5. Jaringan Tanpa Kabel , merupakan solusi terhadap komunikasi
yang tidak bisa dilakukan dengan jaringan yang menggunakan kabel.
Topologi Jaringan Komputer
Topologi adalah suatu cara menghubungkan komputer yang
satu dengan komputer lainnya sehingga membentuk jaringan. Cara yang saat ini
banyak digunakan adalah bus, token-ring, dan star.
Masing-masing topologi ini mempunyai ciri khas, dengan kelebihan dan
kekurangannya sendiri.
1. Topologi
Bus
Keuntungan
• Hemat
kabel
• Layout
kabel sederhana
• Mudah
dikembangkan
Kerugian
• Deteksi
dan isolasi kesalahan sangat kecil
• Kepadatan
lalu lintas
• Bila
salah satu client rusak, maka jaringan tidak bisa berfungsi.
• Diperlukan
repeater untuk jarak jauh
1. Topologi
Token Ring
Metode
token-ring (sering disebut ring saja) adalah cara menghubungkan komputer
sehingga berbentuk ring (lingkaran). Setiap simpul mempunyai tingkatan yang
sama. Jaringan akan disebut sebagai loop, data dikirimkan kesetiap simpul dan
setiap informasi yang diterima simpul diperiksa alamatnya apakah data itu
untuknya atau bukan.
Keuntungan
• Hemat
Kabel
Kerugian
• Peka
kesalahan
• Pengembangan
jaringan lebih kaku
1. Topologi
Star
Kontrol
terpusat, semua link harus melewati pusat yang menyalurkan data tersebut
kesemua simpul atau client yang dipilihnya. Simpul pusat dinamakan stasiun
primer atau server dan ainnya dinamakan stasiun sekunder atau client server.
Setelah hubungan jaringan dimulai oleh server maka setiap client server
sewaktu-waktu dapat menggunakan hubungan jaringan tersebut tanpa menunggu
perintah dari server.
Keuntungan
• Paling
fleksibel
• Pemasangan
stasiun sangat mudah dan tidak mengganggu bagian jaringan lain
• Kontrol
terpusat
• Kemudahan
deteksi dan isolasi kesalahan/kerusakan
• Kemudahaan
pengelolaan jaringan
Kerugian
• Boros
kabel
• Perlu
penanganan khusus
• Kontrol
terpusat (HUB) jadi elemen kritis
PENGERTIAN
KOMUNIKASI DALAM JARINGAN (DARING)
Istilah
komunikasi dalam jaringan mengacu pada membaca, menulis, dan berkomunikasi
melalui/menggunakan jaringan computer. Komunikasi dalam jaringan adalah
cara berkomunikasi di mana penyampaian dan penerimaan pesan dilakukan dengan
atau melalui jaringan internet. Komunikasi yang terjadi di dunia semu biasa
desebut komunikasi dunia maya atau cyberspace.
Komunikasi
dalam jaringan pertama dimulai tahun 1960, di sebuah universitas of Hawaii yang
memiliki daerah yang luas dan berkeinginan untuk menghubungkan
computer-komputer yang tersebar di kampus tersebut. Kemudian Universitas of
Hawaii mengembangkan teknologi Ethernet (perangkat komunikasi pada computer)
dengan nama “ALOHA”. Di dalam Ethernet tersebut ditanam sebuah software yang
didalamnya terdapat sebuah protocol yang pada saat itu disebut dengan nama
ARPANET, yang diluncurkan tahun 1969. ARPANET untuk saat ini sudah berkembang
menjadi nama internet yang berasal dari interconnected network. Penggunaan
komunikasi dalam jaringan dalam dunia pendidikan pertama kali tahun 1980-an
ditandai dengan pengenalan komputer sebagai media pendidikan dan pertengahan
tahun 1990 dengan munculnya word wide web.
JENIS KOMUNIKASI
JARINGAN
Komunikasi
dalam jaringan sinkron
Komunikasi
dalam jaringan secara real time menggunakan komputer sebagai
media, disebut dengan komunikasi dalam jaringan serempak/sinkron. Contoh
komunikasi sinkron misalkan aplikasi chat (yahoo messenger, google talk, MIRc
dll), video chat (skype, line, facetime, google+ hangout, dll).
Komunikasi
dalam jaringan asinkron
Komunikasi
dalam jaringan secara tunda menggunakan komputer sebagai media, disebut dengan
komunikasi dalam jaringan tak serempak/asinkron. Contoh komunikasi asinkron
misalnya aplikasi e-mail, video streaming, dll).
Komunikasi
online lebih mengacu pada membaca, menulis, berbagi video kamera dan konunikasi
melalui jaringan komputer secara sinkron.
TUJUAN
KOMUNIKASI DALAM JARINGAN
1. Memungkinkan
pengiriman data dalam jumlah besar secara efisien, ekonomis dan tanpa
kesalahan.
2. Dukungan
pengendalian jarak jauh, sehingga memungkinkan pengguna mengendalikan komputer
dan perangkat dari jarak jauh.
3. Penggunaan
komputer secara terpusat ataupun tersebar, sehingga mendukung manajemen dalam
hal kontrol, baik desentralisasi ataupun sentralisasi
4. Memudahkan
pengelolaan, pengaturan pengaturan data antara dua perangkat atau lebih.
KOMPONEN PENDUKUNG KOMUNIKASI DALAM JARINGAN
Hardware/perangkat
keras
Perangkat
yang bentuknya dapat dilihat atau diraba oelh maunusia. contoh : komputer,
headset, microphone, dan perangkat pendukung koneksi internet
Software
Program
komputer yang berguna untuk menjalankan suatu pekerjaan yang dikehendaki.
Software digunakan sebagai perantara antara perangkat keras (hardware) dengan
pengguna (brainware).
Brainware
Brainware
adalah pengguna software ataupun hardware untuk berkomunikasi dalam jaringan.



0 komentar:
Posting Komentar